Cara dan Tips Membuat Kandang Kambing yang Ideal Berkualitas

Cara dan Tips Membuat Kandang Kambing yang Ideal

Cara Membuat Kandang Kambing yang Ideal untuk Penggemukan Kambing – Tidak semua orang memahami jika model kandang yang digunakan untuk merawat kambing haruslah diperhatikan. Sebab hal ini memiliki pengaruh yang cukup besar bagi keberhasilan usaha peternakan kambing Anda. Terutama dalam hal menggemukan kambing, agar kambing memiliki nilai jual yang tinggi.

Kambing yang memiliki nilai jual yang tinggi maka kambing tersebut haruslah mendapatkan perawatan yang baik. Agar bobotnya gemuk untuk dijual dan hal ini pun bisa Anda dapatkan dari model kandang yang ideal.
Salah satu model kandang yang ideal adalah kandang panggung yang dapat menbantu Anda dan peternak lain dalam menjaga kebersihan. Dengan kondisi kandang yang bersih maka akan membuat kambing menjadi lebih sehat.

Selain itu kotoran yang berada di bawah kandang akan lebih mudah untuk dibersihkan.
Anda pun bisa memanfaatkan kotoran ini sebagai bahan utama untuk membuat pupuk kompos loh.
Meski jika dilihat dari biaya pembuatan, model kandang panggung cenderung membutuhkan biaya yang sedikit lebih mahal. Tapi dengan hasil kambing yang sehat dan gemuk, maka biaya pembuatan kandang pun akan tertutupi. Anggaplah langkah ini sebagai investasi.

Tips dan Langkah  Membuat Kandang Kambing yang Ideal dan Berkualitas

Tapi meski begitu Anda masih bisa kok, mengakalinya dengan membuat kandang yang lebih sederhana dan tidak memakan banyak biaya. Salah satu cara menghemat budget pembuatan kandang adalah dengan menggunakan material yang murah namun memiliki daya tahan yang lama.

Salah satu bahan yang bisa Anda manfaatkan adalah bambu, selain murah bahan ini juga mudah ditemukan di sekitar kita tinggal.

Untuk ukuran kandangnya sendiri Anda bisa menyesuaikan dengan jumlah kambing dan jenis kambing apa yang Anda budidayakan. Normalnya pembuatan kandang penggemukan kambing memiliki lebar minimal sekitar 120 cm. Dengan panjang 150 cm, sementara tinggi panggung atau jarak kandang dengan lantai adalah sekitar 70 cm.
Untuk jarak antara lantai kandang dan atapnya, biasanya di bagian depan menggunakan ukuran maksimal 180 cm. Dan di bagian belakangnya cukup menggunakan ukuran 160 cm saja. Kandang tipe ini sudah mampu menampung sekitar 5 ekor kambing loh.

Cara Membuat Kandang Kambing yang Ideal Berkualitas dan Modern

Model kandang dengan ukuran ini pun sudah dinilai cukup ideal bagi kambing yang ingin digemukkan. Selain itu mampu melindungi kambing utamanya dari genanangan air yang nantinya dapat menularkan berbagai macam penyakit.

Anda bisa menggunakan bambu duri sebagai bahan untuk membuat lantai sebab bambu ini dikenal sebagai salah satu jenis bambu yang tahan lama. Aturlah jarak antar papan agat tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu rapat. Agar kotoran kambing bisa jatuh ke lantai dan tidak tersangkut pada sela sela lantainya yang sempit.

Meskipun berbentuk panggung, usahakan jika di bawah kandang menggunakan lantai beton yang terbuat dari semen. Memang hal ini akan memakan biaya tambahan namun hal ini dilakukan agar Anda mudah mengumpulkan kotoran kambing di penampungan yang telah disediakan. Sehingga kotoran kambing pun tidak tercecer sembarangan.

Jangan lupa juga untuk membuat lantai sedikit miring dengan bagian belakang lebih rendah dan dibawahnya diberikan saluran kecil yang akan mengarah ke penampungan kotoran.
Hal ini akan membuat proses pengumpulan kotoran menjadi lebih mudah dan kandang pun bersih.

Sebab kebersihan menjadi salah satu faktor utama suksesnya usaha peternakan penggemukan kambing yang Anda lakukan. Jangan hanya fokus memberikan pakan yang berkualitas namun juga perhatikan model kandang yang ideal untuk kambing Anda ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.