Lipatgandakan Keuntungan dengan Manajemen Ternak Ayam yang Baik
looking each others

Melipatgandakan Keuntungan dengan Berternak Ayam

Mesin,info – Kunci sukses dari sebuah usaha ternak ayam adalah sistem manajemen ternak ayam yang baik dan benar. Sebab dengan manajemen yang benar maka bisa membantu Anda sebagai peternak untuk mampu mencapai target keuntungan yang diinginkan.

Namun sayang, masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mengatur manajemen ternak ayam agar dapat berhasil mengembangkannya hingga sukses.
Padahal mudah saja, jika Anda mau belajar dan membaca ulasan di bawah ini.

Manajemen Ternak Ayam yang Baik Untuk Pemula

Tanpa banyak orang sadari, ternyata terdapat beberapa hal yang wajib untuk Anda penuhi jika Anda ingin menjalankan manajemen ternak ayam yang benar. Dan tentunya sangat efektif untuk diterapkan.
Berikut ini adalah ulasannya :

1.) Pilih Lokasi Kandang yang Strategis

Sebelum membuat usaha peternakan ayam, pasti hal yang harus Anda lakukan adalah dengan memiliki kandang di lokasi yang telah ditentukan. Jangan sembarangan memilih lokasi, tapi carilah lokasi yang strategis dan juga sesuai dengan kebutuhan jenis ayam yang ingin Anda budidaya.

Jika rasa yam yang Anda pilih adalah ayam kampung, maka cari lokasi yang mudah dijangkau dengan kendaraan roda empat dan jauh dari pemukiman warga. Agar tidak menyebabkan polusi lingkungan.
Lokasi yang sulit dijangkau akan membuat proses distribusi menjadi sulit dan biasanya tetap bisa dilakukan hanya saja dengan biaya yang mahal. Hal ini pasti akan mempengaruhi nilai jual dan mengurangi keuntungan.

2.) Cari Tenaga Kerja Terampil

Usaha budidaya ayam tidak akan Anda lakukan sendirian kan, oleh sebab itu Anda butuh tenaga ahli dan sudah terampil untuk membantu Anda. Pilih tenaga yang sudah mengerti betul mengenai usaha ternak ayam sehingga mereka bisa merawat ayam ayam Anda dengan baik dan benar.

3.) Gunakan Sistem Kontrol 24 Jam

Banyak yang tidak menyadari jika sistem kontrol kandang wajib diperhatikan. Sebab Anda harus menggunakan sistem yang berjalan seharian penuh atau 24 jam. Hal ini dilakukan untuk memantau semua kegiatan baik yang dilakukan pekerja atau mengontrol kondisi ayam Anda.
Jangan sampai lengah dan membiarkan kandang ayam Anda tidak terurus akibat kontrol yang kurang.

4.) Manajemen Pencatatan yang Baik

Gunakan manajemen pencatatan sebagai salah satu acuan untuk membuat rencana produksi hingga selanjutnya. Dan jangan lupa untuk selalu melakukan perbaikan setiap terjadi masalah dan kesalahan selama usaha berjalan.
Lakukan pencatatan secara rinci, terstruktur dan sistematis yang akan membuat manajemen ternak Anda berjalan dengan lancar. Kalau perlu gunakan sistem pencatatan berbasis komputer, selain menggunakan sistem pencatatan manual. Hal ini akan membantu hasil pencatatan lebih valid dan bisa dipercaya.

5.) Berani Menjalin Relasi dengan Banyak Orang

Tak bisa dipungkiri, setiap usaha membutuhkan hubungan relasi yang saling menguntungkan. Misalnya bagi peternak dengan pemasok pakan. Jalinlah relasi yang sehat agar Anda dapat mengambil keuntungan dari mereka, begitu juga mereka. Karena pada dasarnya kalian saling membutuhkan dalam hubungan simbiosis mutualisme.

6.) Libatkan Warga Sekitar Lokasi Ternak Ayam

Usaha ternak ayam memang menjadi salah satu usaha yang dapat menciptakan polusi lingkungan. Oleh sebab itu dibutuhkan lokasi yang pas. Nah, jika lokasi sudah pas, jangan lupa untuk melibatkan warga sekitar dalam usaha Anda.

Selain dapat menyejahterahkan warga sekitar, Anda pastinya tidak mau dong terkena protes dan diusir dari lokasi peternakan akibat polusi lingkungan dan udara yang Anda sebabkan.

Jadi dengan manajemen yang baik dan benar, dijamin usaha ternak ayam Anda akan sukses dan besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.